1465656006495

BALITSA Sebagai Tujuan

Bobi, Toyo, dan Maspri kembali melakukan sebuah perjalanan ke salah satu sudut daerah Lembang. Bermula dari sebuah posting di Internet mengenai tempat-tempat di daerah Bandung yang memiliki pemandangan yang indah, akhirnya kami penasaran untuk mengunjungi salah satunya: Laboratorium BALITSA. BALITSA adalah singkatan dari Balai Penelitian Tanaman Sayur. Meskipun namanya tidak mencerminkan sedikitpun tentang keindahan pemandangannya, terbukti kami salah.

IMG_20160611_133708
Sebuah rumah kaca yang di dalamnya terlihat seperti rumah penjagalan. hii

BALITSA terletak tidak jauh dari pasar Lembang. Ke atas sedikit, dan kita bisa melihat sebuah tembok yang menunjukkan lokasi BALITSA.

IMG_20160611_141254.jpg
Tembok dengan tulisan Balai Penelitian Tanaman Sayur

Untuk masuk ke area ini, kita memasuki sebuah gerbang. Yaiyalah, gimana sih. Tapi memang kami sempat bingung gerbangnya yang mana, dan sempat ragu “memang tempat kayak gini bisa dimasukin?”. Setelah bertanya pada petugas terdekat, akhirnya kami boleh masuk dengan membayar biaya parkir serelanya. Saat kami masuk, ternyata sudah ada juga orang-orang yang sedang memanfaatkan area ini untuk melakukan foto pre-wedding. Jadi ada sebuah spot di tempat ini yang menjadi ciri khas dan banyak dijadikan tempat foto, yaitu sebuah jalan lurus yang di pinggirnya dipadati pohon-pohon pinus. Kalau yang mengambil gambarnya bagus, tempatnya jadi bagus.

IMG_20160611_141403.jpg
Kalau ngga bisaeun ngambil gambarnya, jadi jelek gini. Padahal orang-orang mah bagus. Ini mah ngga. Yaudah atuh biarin.

Seperti yang diharapkan dari Balai Penelitian Tanaman Sayur, yang kami lihat di sini adalah: sayur. Karena sudah banyak foto yang memperlihatkan spot ini, jadi kami lebih tertarik untuk eksplorasi tempat-tempat lain di balai ini yang jarang diperhatikan oleh orang lain.

IMG_20160611_125828.jpg
Sayur. Iya.

Tapi beneran deh, saya tidak menyangka di Indonesia ada tempat seperti ini. Jujur saya terkagum-kagum dengan adanya laboratorium yang meneliti masalah sayur ini. Di seluruh area BALITSA ini, setiap petak tanamannya diidentifikasi dengan sebuah kode penelitian tertentu, dan saya suka tempat seperti ini. Banyak pos penelitian yang berupa ruangan, rumah kaca, atau sekadar petak-petak kebun yang berisi tanaman yang diteliti. Ada bermacam-macam kubis, cabe, engkol, dan terong.

Penelitian-penelitian di sini saya kira sih tujuannya untuk mendapatkan sebuah produk sayuran hasil rekayasa yang dapat meningkatkan nilai sayuran itu sendiri, bisa jadi daya tahannya, cepatnya waktu panen, dan sebagainya.

IMG_20160611_125327.jpg
Jalan setapak yang di pinggirnya banyak spesimen penelitian tanaman sayur, termasuk dua spesies lainnya yang tertangkap kamera.
IMG_20160611_125419.jpg
Tempat jaring-jaring C
IMG_20160611_125149.jpg
Kalau ke sini, jangan pakai sepatu buat ke mall. Nanti kecugak putri malu. Sakit.
IMG_20160611_125015.jpg
Ngiuhan.
IMG_20160611_125302.jpg
Ada toren. Bukan, bukan yang biru. Kamu mah jahat.
IMG_20160611_124815.jpg
Ada toilet.
IMG_20160611_123202.jpg
ATAP’S was here. Dia kira dia keren. Mencoret-coret tembok itu nggak keren, guys.

Iya, udah da gitu aja. Pulangnya kami beli ramen.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s