photo-1415201364774-f6f0bb35f28f

Musik yang Sesuai Untuk Bekerja

Beberapa waktu lalu, saya mencari-cari genre musik apa yang sesuai untuk meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. Tapi, saya juga memikirkan mungkin justru mendengarkan musik ketika bekerja dapat mengganggu konsentrasi, dan akhirnya mengurangi produktivitas. Akhirnya, saya mencoba beberapa jenis musik, mulai dari yang pelan hingga cepat temponya. Berikut ini adalah beberapa hasil yang berkaitan dengan kehadiran musik saat bekerja.

Dengarkan Musik yang Tidak ada Liriknya

Setelah mencoba beberapa jenis musik, ternyata bagi saya mendengarkan musik yang tidak ada liriknya dapat meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. Hal ini jelas karena saya tidak perlu ikut bernyanyi mengikuti musik yang sedang didengarkan, baik secara keras maupun di dalam hati. Karena, secara sadar maupun tidak sadar, kita menyanyikan atau setidaknya menaruh perhatian pada lirik lagu yang kita dengarkan, sehingga membagi konsentrasi pekerjaan.

Musik yang didengarkan dapat bervariasi sesuai dengan selera masing-masing. Kalau saya sih nyaman mendengarkan lagu-lagu post-rock, ambience, atau shoegaze, seperti Hammock, M83, Explosion In The Sky, atau This Will Destroy You. Ada juga yang suka dengan musik-musik klasik, seperti Mozart, atau musik-musik opera.

Sesuaikan dengan Suasana Hati dan Pikiran

Keadaan pikiran kita bersifat dinamis, yang artinya adalah dapat berganti-ganti seiring dengan berjalannya waktu. Ketika hati sedang sedih atau mellow, waktu berjalan dengan lambat, dan tubuh biasanya juga terbawa menjadi malas-malasan. Ketika sedang dalam kondisi ini, justru lebih baik mendengarkan musik yang memiliki tempo lebih cepat dari biasanya untuk menjadikan mood kita kembali bersemangat. Untuk itu, disarankan untuk menyiapkan beberapa jenis musik dari artis yang berbeda agar memiliki spektrum warna musik yang beragam, mulai dari yang lambat hingga lebih cepat. Seberapa lambat dan cepat tergantung pada selera masing-masing

Kenali Masa Jenuh

Ternyata memang ada waktu-waktu tertentu, ketika tidak mendengarkan musik sama sekali justru akan meningkatkan produktivitas. Hal ini dapat terjadi mungkin salah satunya adalah karena jenuh. Bisa jadi karena jenuh musiknya, suasananya, atau sedang tidak ingin mendengarkan musik saja. Ketika kita merasakan hal ini, kita tidak perlu memaksakan untuk mendengarkan musik. Keheningan (atau keramaian, tergantung suasana sekitar) mungkin akan lebih membuat kita merasa nyaman dalam bekerja.

White Noise

Ada kalanya suara lingkungan sekitar sangat mengganggu kita ketika bekerja, misalnya adalah suara orang yang sedang ngobrol, suara kendaraan, atau suara-suara lain yang tidak diharapkan (jadi serem ya). Ada istilah white noise yang artinya adalah sebuah suara yang dapat meniadakan suara lain. White noise ini biasanya dihasilkan dari getaran konstan benda-benda. Misalnya bunyi kipas angin, penyedot debu, atau suara-suara lainnya yang bersifat konstan. Suara tersebut akan menghilangkan, atau setidaknya menyamarkan suara-suara yang tidak konstan, seperti suara orang mengobrol tadi. Saya pernah mendengar bahwa bayi akan mudah tidur ketika mendengar suara white noise ini. Musik-musik ambience juga bersifat white noise.

Bereksperimen

Banyak cara untuk menemukan musik dan ramuan yang tepat dalam meningkatkan produktivitas. Jangan ragu untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk membagikan tipsnya kepada orang lain agar hasil baik eksperimen tersebut dapat juga dinikmati oleh orang lain.

Sebagai tambahan, selalu ingat untuk mengatur volume musik yang kita dengarkan, terutama ketika sedang menggunakan earphone, karena volume earphone yang terlalu tinggi dapat merusak telinga kita.

One thought on “Musik yang Sesuai Untuk Bekerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s