Seminar Global One: Pendidikan dan Tinggal di New Zealand

New Zealand View

Ternyata mendengarkan radio banyak manfaatnya. Terutama waktu aku mendengar ada kesempatan seminar gratis yang diadakan oleh Global One mengenai “Pendidikan dan Tinggal di New Zealand”. Kebetulan aku juga sedang mencari-cari informasi sekolah mana yang sesuai untuk melanjutkan pendidikanku. Akhirnya, pada 4 April kemarin aku mengajak Toyo, Alfian, dan Mahar untuk ikut ke seminar ini, siapa tahu banyak memberi gambaran mengenai pendidikan di sana. Tempatnya juga lumayan menarik, yaitu di Hotel Sensa, Ciwalk, Bandung.

Pembicara pada seminar ini adalah Ansari, pendiri NTEC (National Tertiary Education Consortium), yaitu grup sekolah tinggi, yang terdiri dari Concordia Institute of Business,  National Technology Institute, NA Institute of Learning and Development, dan The College of Future Learning NZ. Penjelasan dimulai dengan keindahan New Zealand (untuk selanjutnya disingkat NZ saja ya) yang sampai-sampai dijadikan tempat syuting The Lord of The Rings dan The Hobbit. Kemudian dijelaskan juga mengenai demografi penduduk NZ yang sangat kecil dibandingkan dengan Indonesia, bahkan Bandung. Ketika menjelaskan mengenai pendidikan, ternyata NTEC ini menyediakan berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari Diploma, Bachelor, Post-Graduates, dan Master Degree. Hal yang baru saya tahu adalah ternyata di sana Post-Graduates dan Master Degree itu berbeda, sederhananya sih kalau di Indonesia, Post Graduates ini tahun pertamanya tingkatan Master. Alasan dipisahnya tingkatan ini adalah waktu antara Post Graduates dan Master ini boleh dipisah, alias boleh diselingi kerja beberapa tahun, lalu lanjut lagi ke Master Degree. NTEC juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang mausk ke dalam kualifikasinya.

Sayangnya untuk saya, memang NTEC ini fokus untuk mahasiswanya bisa bekerja di NZ (untuk jurusan computing, lebih banyak pelatihan untuk setifikasi internasional).  Padahal, kan saya inginnya tetap bekerja di Indonesia, dan hanya fokus Master saya di sana. Jadi, kesimpulannya saya putuskan untuk tidak mengikuti jalur NTEC ini.hihi. Tapi aku tetap ingin ke NZ, somehow. semoga ada kesempatan.

Leave a Reply

