Geli Mendengar Kata “Infant”

Saat di motor, aku melihat stiker yang dipasang di belakang mobil, bertuliskan sesuatu tentang “infant”.  Menurut kamus bahasa Inggris-Indonesia, infant adalah

kb. bayi, orok. i. mortaly kematian bayi. i. firm firma yang baru berdiri.

hal ini mengingatkanku satu kejadian di bandara Seattle, Tacoma. Hari itu aku akan pulang ke Indonesia. Pagi-pagi aku sudah berangkat ke bandara, dengan menghirup cuaca lembab hasil hujan gerimis tadi malam. Untuk kendaraan ke bandara, aku menggunakan taksi. Di dalam taksi, aku merencanakan apa yang harus dilakukan selanjutnya: bayar taksi, turun taksi, cari counter United Airlines -penerbangan yang aku naiki-, dan minta boarding pass.

Seattle-Tacoma Airport
Seattle-Tacoma Airport

setelah turun dan bayar taksi, aku langsung masuk ke dalam bandara yang hawanya lebih hangat. Seperti rencana, aku langsung mencari counter United Airlines, dan itu dia! Aku melihatnya. Di depan counter, ada seorang bapak nigga (mirip Morgan Freeman, tapi lebih kurus) menjaga di paling depan. Lalu aku bertanya kepadanya mengenai pembelian boarding pass, dan aku pun ditunjukkan sebuah counter. Di sana, ada seorang ibu yang ingin mengirim barang dan dilayani oleh seorang bapak dari pihak United Airlines. Di deretan counter itu sebenarnya banyak tempat kosong, dan di hadapan kita tersedia papan iklan mengenai United Airlines. Aku datang ke sebuah counter yang tidak ada antreannya. Tapi, setibanya aku di counter itu, pegawai United Airlines langsung pergi, waduh. Oh, mungkin counter ini memang sudah tutup. Semua counter kecuali yang ada ibu-ibu yang hendak mengirim barang itu saja yang ada pegawainya. Oke, kemudian aku pindah ke belakang ibu-ibu yang ingin mengirim paket tadi. Setelah selesai dengan pengirimannya, ibu itu pergi. Pegawai yang ada di situ masih melakukan packing terhadap paket yang akan dikirimkan. Aku menunggu di hadapannya dengan sabar hingga dia selesai dengan pekerjaannya. Setelah selesai packing, dia pergi! Man, apa salahku? Aku menunggu hingga ada orang yang mau melayaniku, aku menunggu sekitar 2-3 menit. Ada pegawai yang lewat di hadapanku, dan aku senyumi dia, dengan maksud agar dia sadar bahwa aku ingin memesan boarding pass. Pegawai itu membalas senyumanku, namun..dia pergi lagi!

Menangkap kebingunganku, bapak-bapak yang mirip Morgan Freeman tadi menghampiriku, dan memberi tahu bahwa untuk memesan boarding pass, cukup menggunakan layar yang tersedia di hadapanku. D’oh! ternyata layar di hadapanku bukan papan iklan, melainkan touch screen untuk memesan boarding pass. Kampring sekali diriku. Tapi ternyata aku masih bingung bagaimana menggunakannya. Kemudian bapak Morgan itu meminta boarding pass lamaku, dan melakukan scanning terhadap boarding passnya. Wow, ternyata begitu cara kerjanya. Kemudian untuk menu pilihan dan segala macamya, bapak Morgan serahkan kepadaku, aku yakin setelah ini sudah tidak ada masalah. Namun, di tengah pengisian form touch screen itu, ada satu halaman yang menanyakan “Do you bring any infant?”. Sebenarnya waktu itu aku tidak tahu apa artinya infant, dan aku rasa terlalu lama untuk melihat kamus terlebih dahulu. Sehingga, dengan sok tahu yang mendalam, aku pilih “Yes”.

Halaman berikutnya malah semakin tidak kumengerti. Kemudian aku memanggil bapak Morgan kembali, dan bertanya bagaimana cara mengisi form ini.

Kemudian dia bertanya “Do you bring infant??”,

Dengan polos dan percaya diri aku menjawab “Yes!”

“What? Do you have baby in your belly?” -oh, God-

“Oh no, of course no. I’m sorry, i didn’t know” Jawabku salah tingkah.

kemudian bapak Morgan itu cancel semua informasi, dan harus mengulangi dari awal. Untungnya yang kali ini berhasil. hehe

hikmahnya adalah, sok tahu itu 50:50. Jika dalam kondisi yang berisiko, jangan percaya pada ke-sok-tahu-an mu. :p

Leave a Reply

