IEEE Global Humanitarian Technology Conference 2012: The Begining

IEEE adalah sebuah organisasi yang merupakan kumpulan dari para engineer dari seluruh dunia di berbagai bidang keilmuan. Global Humanitarian Technology Conference (GHTC) 2012 merupakan acara tahunan yang diadakan kedua kalinya pada tahun ini, dan diadakan di Seattle, Washington. Sesuai dengan namanya, tema yang diangkat adalah mengenai teknologi untuk kemanusiaan. Bulan Maret 2012 yang lalu, terdapat email dari panitia penyelenggara yang menyatakan bahwa diadakan Student Paper Competition pada acara ini, yang meminta partisipasi dari mahasiswa dari seluruh dunia untuk membuat paper mengenai proyek yang sedang atau telah dikerjakan, terutama di bidang teknologi untuk kemanusiaan. Kebetulan aku adalah seorang mantan kepala divisi pengabdian masyarakat, sehingga setidaknya aku tahu beberapa proyek kemanusiaan dan berhubungan dengan teknologi, khususnya di bidang keinformatikaan yang sedang aku pelajari di perkuliahan.

Proyek terakhir yang aku kerjakan adalah PIJAR (Pusat Informasi dan Pembelajaran Untuk Desa Tertinggal) yang dipunggawai oleh seorang anak manusia bernama Ikhwanul Hakim – STI 2010, dan ditemani makhluk-makhluk lainnya yang bernama:

  1. Yudha Okky Pratama
  2. Ahmad Anshorimuslim Syuhada
  3. Retna Ayu Mustika

Kami berlima membuat sebuah sistem informasi di sebuah desa tertinggal, desa Tarumajaya. PIJAR ini juga diikutkan ke dalam suatu ajang bernama PKM-M, dan Alhamdulillah mendapatkan kesempatan memperoleh medali perunggu pada PIMNAS 2012 di Yogyakarta. Salah satu kegiatan utama dari PIJAR ini adalah memberikan pendidikan, terutama mengenai kewirausahaan kepada warga desa agar bisa membantu perekonomian keluarga, dan diharapkan bisa memandirikan warga desa. Selama melakukan kegiatan ini, di atas motor aku sempat memikirkan untuk membuat kolaborasi antara metode pengajaran regular yang biasanya dilakukan di dalam kelas, menjadi remote (jarak jauh), dan yang terpikirkan adalah dengan menggunakan siaran radio, karena kebetulan waktu itu aku melihat penggunaan radio yang efektif di desa ini. Dengan demikian, aku mencoba untuk membuat suatu paper yang berhubungan dengan metode atau alur pembelajaran di desa tertinggal dengan menggunakan siaran radio lokal. Saat itu kalau tidak salah adalah bulan April 2012. Dengan beberapa hari saja, aku berhasil menyelesaikan paper ini, dan mengirimkannya ke panitia penyelenggara IEEE GHTC 2012. Pengirimannya sederhana, hanya dengan mengirimkan paper dan cover letter melalui email ke pihak panitia, dan langsung mendapatkan respons jika ada hal-hal yang kurang dari pengerjaan paper tersebut. Jujur, sebelumnya aku malas membaca paper, jadi tulisan di dalam paper yang dikirmkan tidak keruan. Tapi setidaknya tugas dari bapak Rinaldi Munir yang pernah meminta mahasiswanya untuk membuat makalah dalam format paper IEEE, sangat membantu dalam pengerjaan paper ini. Tujuanku dari penulisan paper ini juga adalah latihan membuat paper, dan menulis dalam bahasa inggris.

20 September 2012

Ketika sedang sarapan bersama beberapa teman, aku mendapatkan email yang aku baca dari ponselku, bunyinya begini

Restu,

I have not yet heard back from you. Your paper was selected as one of the top 5 papers for GHTC paper contest. I still need your estimated travel costs and contact info si I can book your hotel.

Thanks,

Elizabeth Johnston

Aku yang sedang makan langsung kelabakan, karena tidak menyangka paperku itu akan dipilih dalam konferensi itu. Saat itu kira-kira satu bulan sebelum konferensi, dan aku belum menyiapkan apapun, seperti passport, visa, presentasi, dan hal-hal lainnya. Senang tapi juga kaget. Di tautan berikut ini, kita bisa melihat cara-cara pembuatan visa ke amerika atau passport indonesia. Semoga bermanfaat.

Waktu itu, aku langsung memberitahu keluarga, dan langsung ke kantor imigrasi hari itu juga. Itulah awal mula aku sekarang berada di sini, kamar 2006 hotel Renaissance, 515 Madison Street. Cerita selanjutnya, akan aku ceritakan per hari perjalanan dan konferensi di tautan berikut ini.

Hari #0

Hari #1

Hari #2

Hari #3

Leave a Reply

