Cara Membuat Passport Indonesia

Ceritanya beberapa waktu ini aku butuh sesuatu yang namanya passport. Ini pertama kalinya aku perlu benda ini, dan berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkanb benda ini.

  • Datang ke kantor Imigrasi

Kebetulan kantor imigrasi yang aku datangi adalah kantor imigrasi di Bandung. Aku tidak hafal persis nama jalannya, tapi lokasinya di arah jalan Suci, kalau dari arah jembatan pasopati berada di sebelah kanan jalan, sebelum Hotel Yahiezkel.

  • Ambil lembar pendaftaran

Setelah datang di kantor imigrasi, ada loket pendaftaran yang menyediakan lembar pendaftaran. Ambil saja satu lembar pendaftaran ini, tanpa dipungut biaya. Biasanya setelah mendapatkan lembar pendaftaran, kita diarahkan untuk membeli satu amplop khusus yang sudah disediakan. Nah, kalau ini baru bayar. Harganya kalau tidak salah 10 ribu.

  • Lengkapi persyaratannya

Di lembar pendaftaran terdapat daftar dokumen-dokumen yang harus dilengkapi untuk melakukan pendaftaran. Kalau tidak salah dokumen-dokumennya adalah foto kopi KTP, akta lahir, kartu keluarga, dan surat-surat yang mendukung rencana perjalanan kita. Oya, lembar pendaftaran ini tidak harus dikumpulkan hari itu juga. Boleh dibawa pulang dulu untuk melengkapi persyaratannya. Kalau sudah lengkap, masuk saja ke ruangan pendaftaran. Di pintu masuk, kita diminta untuk mengambil nomor antrean. Sambil menunggu nomor antre kita disebut, kita bisa duduk-duduk dulu. Setelah dipanggil, kita memberi dokumen-dokumen yang diminta, kemudian diberi selembaran yang isinya jadwal kapan kita harus kembali lagi untuk pembayaran, foto, dan wawancara. Biasanya diminta datang tiga hari setelahnya.

  • Bayar biaya administrasi dan wawancara

Pada saat tanggal tiba, kita datang lagi ke kantor imigrasi, oya jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti yang ditulis di lembar yang diberikan sebelumnya, salah satunya memakai pakaian rapi, karena kita akan difoto. Setelah itu, seperti biasa mengambil nomor antrean, kemudian kita kembali mengantre. Pertama-tama mengantre untuk pembayaran biaya administrasi. Setelah itu, nomor kita dipanggil lagi untuk difoto dan diambil sidik jari. Setelah itu, pindah antre ke antrean sebelah untuk menunggu giliran wawancara. Wawancara di sini sangat santai, hanya ditanya mau ada perlu apa, dan beberapa pertanyaan standar lainnya. Setelah itu diberikan kembali lembar yang meminta kita datang kira-kira dua hari lagi untuk mengambil passport kita.

  • Ambil passport

Ambil passport deh di kantor imigrasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s