Kerja Praktik Day -5. -4. -3

Kerja praktik memang tidak semudah yang direncanakan. Bayangkan saja, awalnya aku berencana untuk kerja praktik di Jepang. Namun akhirnya tidak terwujud karena memang bidangnya tidak kusukai (natural language processing), lalu aku berencana untuk KP di Bali, namun setelah dipikir-pikir, ternyata biaya yang dibutuhkan untuk KP di sana sangat mahal. Memang capaian utama KP (liburan) itu tercapai, tapi biayanya juga standar liburan.

Kelompokku awalnya bersama Okky dan Alfian. Tapi karena Alfian berencana untuk mengikuti beberapa lomba yang dikhawatirkan mengganggu KP kami, akhirnya dia memutuskan untuk pindah kelompok KP. Dan benar saja, sekarang kelompoknya lolos imagine cup, dan akan berangkat ke Australia untuk final.

Nah, akhirnya aku sekelompok hanya dengan Okky. Setelah mencari-cari perusahaan yang mau kami repotkan dengan kehadiran kami di sana, akhirnya diterimalah kami di PGN (Perusahaan Gas Negara). Kami mengirim proposal untuk mengajukan KP dari 1 Juni hingga 31 Juli. Namun ternyata kami hanya mendapatkan plot dari 1 Juni hingga 30 Juni saja.

Day -5.1
Kami KP di PGN tidak lain karena memiliki orang dalam, Mas Agus, Kakak iparku. Kalau tanpa kakak iparku ini, mungkin kami tidak akan bisa diterima kerja praktik di sini. KP sebenarnya dimulai tanggal 1, namun mas Agus mengajak untuk mulai perkenalan duluan, dengan ikut ke kantor bersama Okky di tanggal 25 Mei 2012 hari Sabtu. “walau Cuma seminggu, tapi kalian akan dapet ilmu kayak OJT 5 tahun.hehe”, ujarnya. Benar saja, di hari sabtu saat semua orang kantor libur, kami ke kantor, masuk ke ruangan rapat, dan memulai perkenalan perusahaan dengan cara “in -class”, yaitu mas Agus presentasi mengenai segala jenis ilmu, mulai dari perkenalan perusahaan, sampai berbicara tentang semuanya. When I say “semuanya”, it means “semuanya”.
Misalnya, 6 hats rule, people attracts people, pentingnya komunikasi, dan lain-lain.
Dan ketika pulang ke Depok, sekeluarga sudah berkumpul di sana semua.

Day-5.2
Kebetulan day -4 ini minggu, hari ini kami berfokus untuk pindah ke kosan. Namun, sebelum itu, terjadi percakapan antara Mba Dian dan Ibu. Aku tidak tahu apa yang dibicarakan.
Sekitar jam 11, kami berangkat ke kosan di daerah menteng dalem. Kawasan perumahan elit memang. Dengan harga 1,4 juta, kami bisa menempati kamar itu berdua. Setelah selesai administrasi dengan pihak kosan, mas Agus mengajak ke kantor, sekalian mencoba angkutannya, katanya. Pertama ke hosbu, kemudian ke kantor anyer. Setelah itu, sedikit ngobrol di ruang rapat, kami pulang.

Day -4
Itu kemarin, hari senin. Pertama kalinya masuk ke kantor di hari kerja. Jam 8 kami menunggu di ruang tunggu sampai Mas Agus datang. Setelah Mas Agus datang, kami diberikan tempat duduk di ruang enjiniring, tepat di tengah ruangan. Satu meja, dua kursi untuk Okky dan Aku. Setelah menaruh tas, kami diajak berkeliling kantor untuk berkenalan dengan karyawan-karyawan yang ada di PGN. Setelah bersalaman dengan hampir semua orang di SBU1, kami mulai bingung. Ya sudah, kami buat TOR saja dengan Okky.

Saat membuat TOR, mas Eko mengajak yang menganggur di ruangan untuk ikutan mendengar presentasi dari MSA. Kamipun ikut. Sungguh, 20 slide pertama kami tidak mengerti sama sekali apa yang dibicarakan. Padahal aku lihat slidenya ada lebih dari 100. gawat. Lebih parah lagi, kemudian kami ditanya, “hayo, apa itu LEL?” . Kami pun hanya senyum sambil geleng-geleng. Yang aku suka dari saat itu adalah presenter dan orang-orang di ruangan tidak segan untuk menjelaskan hal-hal mendasar seperti itu kepada orang yang memang tidak tahu. LEL itu adalah lower Explosion Level, yaitu batas minimum suatu gas dapat meledak. Di samping itu, presenter juga menjelaskan dengan singkat mengenai segitiga api. Ya, banyak sekali ilmu baru yang aku dapat dari presentasi ini mengenai istilah pertambangan, gas, dan lainnya. Di akhir presentasi, mas Eko meminta aku membuat jumlah buah di meja yang ada di dua tempat menjadi seimbang. Aku tidak tahu apa artinya. Aku manggut-manggut saja.

Day -5
Itu hari ini, hari selasa. Tidak seperti hari sebelumnya yang harus menjelaskan dulu ke satpam mengenai siapa kami, hari ini tidak perlu lagi, langsung dipersilakan masuk. Setelah salaman ke Mas Agus, kami langsung duduk di tengah ruangan enjiniring seperti kemarin.
“ngapain hari ini?” tanyaku
“yaudah, ngelanjutin yang kemarin aja” jawab Okky.
Kami mulai membuat dokumen analisis hari ini.
Oya, yang menarik di sini adalah situs 9gag.com tidak diblok, karena mungkin situs ini tidak populer di sini. Situs yang diblok oleh proxy hanya situs-situs jejaring sosial dan beberapa situs download.
Hal yang menarik hari ini, kami bertemu teman baru lagi, bernama mas Findra. Kemarin tidak masuk, sehingga baru kami lihat hari ini. Selain itu, mas Eko dan mas Findra membicarakan mengenai futsal. Besok jika memang tidak ada halangan, kami diajak bermain.
Saat jam istrahat, mas Agus mengajak kami makan bersama. Saat perjalanan menuju tempat makan, mas Agus bilang bahwa surat dari PGN sudah dikirimkan, namun untuk tanggal 1 Juni nanti akan dimintai untuk bukti. Kami berpikiran untuk pulang saja hari ini untuk mengambil suratnya. Namun, setelah dipikir-pikir, kami pergi dulu saja ke hosbu untuk bertemu dengan bagian SDM.setelah makan, kami pun pergi ke hosbu. Setelah menanyakan ke perwakilannya bu Winda, akhirnya kami diberikan surat yang baru. Masalah untuk tanggal 1 sudah terselesaikan.
Lalu kami pulang, dan aku menulis ini.hehe..
Dan baru saja aku mendengarkan radio yang tepat memutar “everybody’s changing” dari keane yang mungkin mengingatkan aku untuk melanjutkan pembuatan inno tv.
Bismillah.

One thought on “Kerja Praktik Day -5. -4. -3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s